Jumat, 04 Februari 2011

Google Tantang Hacker jebol Chrome 9


Google baru saja memperbarui perambannya, Chrome, ke versi 9. Rilis yang sudah mencapai tahap stabil ini menyediakan beberapa fitur baru, seperti Google Instant, mendukung Web GL, dan akses ke Chrome Web Store. Google bahkan menantang para hacker untuk menjebol Chrome dengan hadiah laptop dan US$20.000.
Chrome Instant sebenarnya adalah teknologi Google Instant yang ditaruh di kotak URL Chrome. Google Instant adalah metode pencarian terbaru dimana kamu tak perlu lagi menunggu hingga tombol enter ditekan untuk mendapatkan hasil pencarian. Sebab, hasil pencarian langsung ditampilkan begitu kamu mengetikkan kata kunci. Fitur ini diklaim dapat mempercepat waktu pencarian 2-5 detik. Kamu pun bisa segera mengubah kata kunci begitu hasil yang keluar tidak sesuai dengan yang kamu maksud.

Dukungan WebGL membuat Chrome bisa memainkan grafis 3D lewat perambannya. Dukungan ini juga membantu akselerasi grafis 3D bagi pengembang di dalam web browser Chrome. Sayangnya, untuk Chrome Web Store, baru bisa diakses penuh bagi pengguna di Amerika Serikat saja.  Dengan toko aplikasi ini, pengguna bisa meng-install aplikasi web baik yang gratis maupun berbayar. Aplikasi ini dapat dimainkan di Google Chrome dan sistem operasi Chrome.
Beberapa aplikasi yang ditaruh di Chrome Web Store, cuma tambal sulam dari kemampuan HTML5. Tapi, ada beberapa aplikasi yang memang menawarkan cara baru dari sekedar konstitusi dari aplikas web, seperti ditulis Mashable.
Menariknya, menyambut gelaran kompetisi hacking, Pwn2Own, Google mengadakan sayembara. Barangsiapa yang berhasil menemukan bug dalam kode Chrome dan bisa mulus lolos dari sandboxnya pada hari pertama Pwn2Own 2011, akan mendapatkan US$20.000 dan notebook Chrome CR-48.
Jika terlalu sulit, Google akan menggelar sayembara lain di hari kedua dan ketiga dengan hadiah US$10.000 bagi mereka yang bisa mengeksploitasi Chrome dan keluar dari sandbox  lewat kode non-Google. Mau mencoba? Pwn2Own akan diadakan di gedung konferensi CanSecWest, Vancouver, Kanada pada 9 -11 Maret. Klo ada yang mau coba disini
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar